Pasar barang dapat dibedakan menjadi 2 macam :
- Pasar Persaingan Sempurna
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
- Pasar Persaingan Sempurna
a. Terdapat banyak pembeli dan banyak penjual
Tidak ada penjual atau pembeli yang mempunyai kekuatan sebagai price maker, sehingga harga yang terjadi akibat keseimbangan antara permintaan dan penawaran.
b. Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sejenis)
Barang yang diperjualbelikan merupakan barang substitusi bagi barang yang dijual oleh penjual lainnya, sehingga tidak terjadi ketergantungan kepada penjual tertentu, artinya pembeli bebas membeli kepada penjual manapun.
c. Penjual bebas memasuki atau meninggalkan pasar
Penjual bebas membuka atau menutup usahanya di pasar manapun, karena mereka umumnya bukan sebagai produsen utama.
d. Konsumen memiliki informasi tentang kondisi pasar
Penjual dan pembeli mengetahui informasi jumlah barang, kualitas barang, dan tingkat harga
e. Faktor produksi bebas bergerak
Tidak ada produsen yang menguasai faktor produksi, sehingga faktor produksi bebas dimiliki dan dikelola oleh masyarakat.
f. Tidak ada campur tangan pemerintah
Harga yang terjadi ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran, pemerintah tidak ikut campur dalam menentukan harga di pasar.
Kelebihan pasar persaingan sempurna
Tidak terjadi persaingan antar penjual
Konsumen bebas membeli ke penjual manapun
Produsen dalam jangka panjang memperoleh keuntungan yang maksimal
Produsen dapat melakukan efisiensi
Kelemahan pasar persaingan sempurna
Barang homogenmenyebabkan keterbatasan konsumen dalam memilih barang
Kemajuan iptek menyebabkan persaingan antar produsen
Dapat menimbulkan pasar gelap (blak market)
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna dapat dibedakan :
Pasar Monopoli
Pasar Oligopoli
Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar Monopsoni
Pasar Duopsoni
Pasar Oligopsoni
Pasar Monopoli
Ciri-ciri pasar monopoli
Hanya ada satu penjual/produksen yang menjual barang
Tidak ada barang pengganti
Produsen/penjual sebagai penentu harga (price maker)
Ada hambatan bargi produsen/penjual memasuki pasar
Tidak memerlukan biaya promosi
Kelebihan pasar monopoli
Keuntungan besar bagi penjual/produsen
Efisiensi biaya produksi
Produsen menguasai faktor produksi
Tidak terjadi persaingan
Kelemahan pasar monopoli
Dapat memicu penyalahgunaan kekuatan pasar
Distribusi pendapatan tidak merata
Masyarakat tidak mempunyai pilihan lain
Macam-macam monopoli
Monopoli sumber daya alam, yaitu dimana sumber daya alam tertentu dikuasai oleh produsen tertentu, misalnya : PT. Freeport menguasai tambang tembaga di Papua
Monopoli ciptaan pemerintah, yaitu monopoli yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan tertentu, misalnya : PT KAI
Monopoli alamiah, yaitu sebuah perusahaan mampu melayani seluruh kebutuhan masyarakat karena adanya daya dukung alam. Misalnya : Kurma dimonopoli oleh negara Arab
Pasar Oligopoli
Ciri-ciri pasar oligopoli :
Terdapat beberapa penjual/produsen
Barangnya homogen tetapi berbeda corak (diferensiasi)
Ada hambatan untuk memasuki pasar oligopoli
Untuk memperbanyak penjualan diperlukan biaya promosi yang tinggi
Kelebihan pasar oligopoli :
Karena terjadi persaingan, maka antar produsen akan berusaha memproduksi barang yang berkualitas
Kelemahan pasar oligopoli :
Tingkat harga cenderung lebih tinggi, karena dibebani biaya iklan
Pasar Monopolistik
Ciri-ciri pasar monopolistik :
Terdapat banyak penjual
Barangnya berfifat diferensiasi (sama tetapi mempunyai perbedaan)
Penjual dapat mempengaruhi harga tetapi tidak mutlak
Penjual bebas memasuki pasar monopolistik
Diperlukan biaya promosi
Kelebihan pasar monopolistik :
Terjadi persaingan sehingga memacu produsen/penjual lebih kreatif
Konsumen bebas memilih barang yang sejenis tetapi dengan berbagai model yang berbeda
Kelemahan pasar monopolistik ;
Diperlukan biaya promosi yang tinggi
Harga barang lebih tinggi
Persaingan antar produsen/penjual sangat ketat
Pasar Monopsoni
Adalah pasar dimana hanya dikuasai oleh satu perusahaan/lembaga sebagai pembeli dengan penawaran dari sejumlah produsen/penjual, sehingga pihak pembeli berkuasa menentukan harga. Biasanya perusahaan pemegang monopsoni adalah perusahaan pemegang monopoli.
Misalnya : PT KAI sebagai monopoli dibidang angkutan kereta api, tetapi dia juga sebagai monopsoni dari berbagai peralatan kereta api.
Pasar Oligopsoni
Adalah bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan/lembaga sebagai pembeli. Misalnya : perusahaan penyedia jasa telekomunikasi adalah pembeli dari infratruktur telekomunikasi seluler
Pasar Duopsoni
Adalah pasar dimana hanya dikuasi oleh dua perusahaan/lembaga sebagai pembeli.
No comments:
Post a Comment